Melamar secara online tentu saja sedikit berbeda dengan melamar secara normal.
ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam tata cara yang efektif melamar via email.
1.
Dalam mengirim lamaran via email, gunakan email pribadi anda, jangan
menggunakan email kawan anda dalam melamar. Dimana Nama anda jelas
tersebutkan disana lengkap dengan Gelarnya misal nama anda: ANDI GAYA,
SE
2. Subject atau Judul email, harus Jelas, misalkan lamaran
yang anda tuju adalah posisi "Administrasi" maka cukup tulis judul
emailnya "Administrasi" (sesuai dengan Posisi yang anda inginkan)
3. isi Lamaran, isi dari email anda cukup menjelaskan hal2 pokok dari lamaran anda misalkan,
- sumber berita lamaran
- nama anda
- umur
- jenis sex
- pendidikan terakhir
- pengalaman kerja anda
- posisi yang anda lamar
- nomor telepon yang bisa dihubungi
jangan
terlalu panjang dalam menulis lamaran anda, gunkaan kata2 yang sopan,
yang penting jelas dan efektif, lamaran yang isinya panjang membuat
bosan sang pembaca, dan menganggap anda sangat bertele-tele. Dan jika
persyaratan posisi tersebut harus bisa bahasa Inggris walaupun pasif,
Gunakan isi lamaran anda dalam bahasa Inggris juga. Ini akan memberi
kesan bahwa anda tidak katrok-katrok amat.
4. cc : jangan sampai anda men
cc lamaran anda ke kawan2 anda yang lain atau cc ke email milis: tidak
sopan
5. Attachment: maksimal attachment anda usahakan ukuranya dibawah
100Kb sd 200Kb, saya pernah menerima email lamaran dengan attachment
sampai dengan 12 Mb, attachment yang terlalu gemuk membuat pembaca malas
membukanya. Kumpulkan semua file anda misal: Surat Lamaran, CV, Foto,
Sertifikat dll, dalam 1 file dan usahakan formatnya adalah .doc (Gunakan
Versi Ms Office yang umum dipakai saja misal versi 2003, pemakaian
versi Ms Office 2007 mengakibtakan file anda tidak bisa dibuka oleh
Versi yang lebih rendah)
6. Jika anda melamar, Jangan sekali-kali membuat
kontak dengan sang pembaca, baik melewati Yahoo Messenger ataupun
mengemail dengan menayakan perkembangan Lamaran anda. Biarkan Pembaca
email anda yang memutuskan, Kontak langsung dengan Pembaca akan
menimbulkan persepsi bahwa anda orang yang tidak sabar.
7. ketika email
sudah anda kirimkan, tunggulah dan pastikan hp dan telp anda aktif,
ketika berdering cepatlah diangkat, jika terdapat miscall coba call
balik, biasanya pemberi kerja ingin melihat keseriusan anda dalam
berkerja, jika anda mengabaikan miscall berarti jangan harap anda akan
di call kembali.
8. Ketika anda dipanggil untuk interview, usahakan
datang sebelum waktu yang di tetapkan, dan bawalah semua berkas lamaran
anda seperti halnya anda melamar seperti normalnya.